Sabtu, 29 Oktober 2011

MALWARE FORENSIK (BAGIAN1)

MALWARE FORENSIK



Forensik berasal dari bahasa Yunani Forensis yang berarti "debat" atau "perdebatan" adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains. Dalam kelompok ilmu-ilmu forensik ini dikenal antara lain ilmu fisika forensik, ilmu kimia forensik, ilmu psikologi forensik, ilmu kedokteran forensik, ilmu toksikologi forensik,ilmu psikiatri forensik, komputer forensik, dan sebagainya.


Malware berasal darikata malicious dan software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer tanpa izin (informed consent) dari pemilik. Contoh malware :


1. ”Virus”: Tipe malware ini memiliki kemampuan mereproduksi diri sendiri yang terdiri dari kumpulan kode yang dapat memodifikasi target kode yang sedang berjalan, Target utamanya biasanya file yang bisa dijalankan seperti EXE, COM, dan VBS.


2. ”Worm”: Sering disebut cacing, adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk penyebarannya, Targetnya hanya memori komputer. Namun, malware ini juga mampu memblok akses ke situs antivirus, serta mematikan fitur keamanan di sistem operasi.


3. ”Wabbit”: Diprogram untuk memakan sumber daya yang banyak pada sebuah sistem operasi menjadikan malware wabbit mampu membuat komputer menjadi lambat..


4. ”Keylogger”: Jika malware ini telah terinstal di komputer, semua yang ditekan di keyboard akan terekam. Diprogram lebih mirip mata-mata.


5. ”Trojan horse”: Berbeda dengan virus, trojan horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya, mereka dibawa oleh utility program lainnya.


6. ”Spyware”: Programnya diinstal secara rahasia, tanpa disadari oleh pengguna komputer. Program ini sebagai bagian dari perangkat lunak lain, seperti perangkat lunak sharing musik yang diperoleh melalui download


7. ”Backdoor ”: Backdoor mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng-crack password dan enkripsi dan mendistribusikan serangan distributed denial of service (Ddos).

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_perusak
http://dragon-fyl.blogspot.com/2007/02/jawaban-tugas-2tkj-pada-hari-jumat.html



Selanjutnya :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar